Senin, Desember 6Barru dalam Genggaman
Shadow

Butuh Partisipasi Orangtua dalam Memajukan Sekolah

RADARBARRU.COM–Kemajuan sekolah akan ditentukan pula oleh partisipasi orangtua dalam mendukung berbagai program di bidang pendidikan. Sehingga, dibutuhkan partisipasi dan kepedulian orangtua untuk bersama-sama memajukan sekolah.

“Saya butuh kepedulian orangtua. Karena orangtua bagian dari kemajuan sekolah,” begitu kata Kepala UPT SPF SD Inpres Panaikang II/1, Bakhtiar, S.Pd, M.Pd, di hadapan orangtua murid, Rabu, 27 Oktober 2021.

Para orangtua murid yang merupakan perwakilan kelas itu, tengah menghadiri acara Literasi Sekolah Ramah Anak dan Literasi Investasi yang diadakan atas kerjasama dengan PT Pegadaian (Persero). Kegiatan ini, selain menghadirkan narasumber dari PT Pegadaian (Persero) Area Makassar 1, juga mengundang Rusdin Tompo, selaku aktivis anak dan penggiat literasi.

Bakhtiar, yang sejak 2016 menjadi kepala sekolah di sekolah ini, menegaskan agar orangtua memberikan kepercayaan ke sekolah. Sekaligus secara bersama-sama berjejaring dan mengembangkan sekolah dengan komunitas-komunitas lainnya. Pada awal dia masuk, hanya ada sedikit siswa, sekarang kelas paralelnya sudah A, B, dan C.

Diungkapkan bahwa dahulu sekolah ini terdiri dari SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Panaikang II/2. Tapi kemudian diregruping menjadi SD Inpres Panaikang II/1. Katanya, sekarang sekolah sudah bersatu, jadi satu keluarga. Semenjak itu, sudah banyak perubahan yang terlihat berkat kerjasama dan dukungan dari guru dan orangtua.

“Semua itu demi kenyamanan proses belajar anak-anak kita. Kalau fisik sudah bagus. Maka kita sekarang dituntut meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita,” imbuhnya.

Di sekolah yang berada di area Asrama Wipayana, Pampang ini, lapangannya dibuat berbasis pembelajaran. Di atas lapangan yang biasa digunakan untuk upacara itu, terdapat gambar planet, huruf lontaraq, juga beberapa rumus matematika.

Diakui, selama pandemi, beberapa orangtua kesulitan mengakses pembelajaran. Sehingga, mereka diizinkan ke sekolah, yang penting anak-anak terlayani. Semua itu, menurutnya, sebagai upaya agar masa depan anak-anak lebih baik dari kita.

“Semoga anak-anak kita makin maju, makin baik, dan makin berkualitas,” harapnya.

Rusdin Tompo yang hadir berbagi pengalaman sebagai penggiat literasi dan aktivis peduli anak, menyampaikan bahwa kemajuan sekolah memang banyak ditentukan oleh partisipasi para pemangku kepentingan, salah satunya orangtua. Dijabarkan, program-program yang dikembangkan di sekolah, masing-masing terkait dengan organisasi perangkat daerah yang lain.

Program Adiwiyata, berkaitan dengan tupoksi Dinas Lingkungan Hidup, Gerakan Literasi Sekolah, termasuk akreditasi perpustakaan, punya hubungan dengan Dinas Perpustakaan. Begitu juga, program Sekolah Sehat menjadi ranah Dinas Kesehatan, program Dokter Kecil, terkait Puskesmas setempat, sedangkan kegiatan Kantin Sehat dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Program-program itu akan sangat mendukung suatu sekolah menjadi Sekolah Ramah Anak (SRA). Sekalipun program ini menjadi tanggung jawab Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Jadi, menurutnya, ada banyak pihak yang dibutuhkan peran sertanya, termasuk dunia usaha dan masyarakat atau komunitas.

Pimpinan Cabang Pegadaian Malimongan Baru, Kartini Mansyur, mengaku gembira melihat antusiasme orangtua yang menghadiri acara sosialisasi produk-produk pegadaian itu.

Materi tentang Literasi Perencanaan Investasi dari Pegadaian dibawakan oleh Gabriella Magdalena Saerang atau akrab disapa Gaby. Dia menjelaskan produk MULIA, berupa cicilan emas. Katanya, investasi dimulai dari emas karena punya manfaat yang panjang, dapat digunakan untuk keperluan pendidikan anak-anak kita. Investasinya bisa perorangan tapi bisa juga berkelompok melalui arisan.

Ada juga tabungan emas, yang lebih ringan saat penyetoran, bisa hanya sebesar Rp10.000.
Program lain yang dimiliki Pegadaian yakni, Pembiayaan Kendaraan, ARRUM Haji, dan Agen Pegadaian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *