Sabtu, Mei 15Barru dalam Genggaman
Shadow

Bawaslu Barru Mengawasi Tanpa Seorang Ketua

RADARBARRU.COM–Diakhir tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten barru tahun 2020, berakhir dibulan februari yang ditandai dengan kegiatan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pasca Mahkamah Konstitusi, oleh komisi pemilihan umum kabupaten barru yang senantiasa tak ketinggalan kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh bawaslu kabupaten barru sebagai bagian tidak terpisahkan dari tugas, kewenangan dan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu yang telah diamanatkan Undang Undang Nomor 7 tahun 2017.

Mengawali dari tugas dan kewajiban penyelenggara pemilu yakni kpu dan bawaslu kab barru tidak terlepas dari tugas menyelenggarakan pemilihan dan melakukan pengawasan disetiap tahapan, dalam tugas tersebut penyelenggara akan tetap melakukan kegiatan pemutakhiran data dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. sesuai kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara dalam hal ini komisi pemilihan umum kabupaten barru adalah dapat memperhatikan daftar pemilih tetap pelaksanaan pemilu atau pemilihan terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan. kabupaten barru telah melakukan pemilihan bupati dan wakil bupati maka kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan diintegrasikan dengan tahapan penyusunan daftar pemilih pemilihan sebelumnya. sebagai bagian dari penyelenggara yang terlibat tentunya instansi pemerintah daerah akan melakukan kegiatan pemutakhiran secara berkala dengan terlibat instansi pemerintah daerah yang membidangi kependudukan, TNI dan POLRI setempat, serta pengadilan setempat untuk mengetahui data pemilih yang dicabut hak pilihnya.

Menurut pimpinan bawaslu kabupaten barru Ir.H.Abdul Mannan, M.Si,.MH, yabg dikonfirmasi melalui WA, Minggu (18/04/2021) bahwa kegiatan pemutakhiran data berkelanjutan yang dilakukan oleh kpu kabupaten barru tidak terlepas peran penting yakni bawaslu kabupaten barru akan melakukan pengawasan disetiap aktivitas pemutakhiran data berkelanjutan. dicontohkan bawaslu telah melakukan tugasnya sebagai bagian dari terlaksananya pemutakhiran yang efektif dimana bawaslu melakukan kordinasi dalam bentuk persuratan keinstansi terkait salah satunya kepengadilan negeri untuk memastikan bahwa pemilih tidak sedang dicabut hak pilihnya. Sekaitan dengan surat edaran nomor 13 tahun 2021 tentang pelaksanaan pengawasan daftar pemilih berkelanjutan. dari surat edaran tersebut bawaslu telah menerima jawaban dari pengadilan negeri barru nomor W22.U22/272/HK/IV/2021 yang tertanggal 6 April 2021, perihal data Putusan terkait Perkara Pencabutan Hak Politik dipengadilan Negeri Barru, dimana telah disampaikan kepada bawaslu kabupaten barru bahwa berdasarkan data register Perkara Pidana dipengadilan Negeri Barru yang terkait dengan putusan Pencabutan hak politik penduduk dikabupaten barru tidak ada.

Kegiatan Pengawasan kali ini tentunya berbeda dengan sebelumnya, dimana dalam melakukan pengawasan terkhusus dalam penetapan data berkelanjutan dilakukan dengan rapat kordinasi oleh komisi pemilihan umum kabupaten barru dan bawaslu kabupaten barru adalah bagian dari kordinasi sekaligus melakukan pengawasan sebagaimana yang diamanatkan Undang Undang. Harapan dalam pelasanaan pemutakhitan data pemilih berkelanjutan yang dilakukan oleh kpu kabupaten barru, diharapkan kepada instansi terkait untuk tetap dapat memperhatikan dan dapat bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *