Sabtu, Mei 15Barru dalam Genggaman
Shadow

5 Kuasa Hukum Dampingi Pimpinan Redaksi Radarbarru.com di Polres Barru

FOTO: Samiruddin SH, Konsultan Hukum Radarbarru.com

RADARBARRU.COM–Lima Kuasa Hukum Dampingi Pimpinan radarbarru.com terkait adanya aduan, dugaan pencamaran nama baik oknum Kadis Barru, hal itu disampikan Konsultan Hukum radarbarru.com, Samiruddin SH, saat ditemui di Polres Barru, Kamis (15/04/2021).

Menurut Samiruddin SH, dalam dunia jurnalistik, jika ada pihak yang keberatan sudah disediakan hak jawab menurut UU Pers. Intinya kita akan melihat aturan yang ada,” ucap Samiruddin SH.

Selain itu juga ada juga Dewan Pers terkait pemberitaan wartawan. Jadi ada pihak tidak terima diberitakan silahkan ke melaporkan kedewanpers, wartawan juga diatur oleh UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Kita menghormati proses hukum yang ada. Negara kita adalah negara hukum,” ujarnya.

Menurutnya aduan yang dibuat kepada klienya itu sangat disayangkan, Sebab ia dalam menulis berita telah menjalankan kode etik jurnalistik menurut UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

Berita dugaan pelecehan seksual kepada oknum itu telah dikonfirmasi ke korban.

“Saat wartawan membuat berita itu berdasarkan narasumber.”kata Samiruddin SH.

Ia menyebutkan jika memang ada pihak yang keberatan maka sah saja, namun polisi tentu bisa memahami aturan yang ada.

Menurutnya jika ada yang keberatan dalam pemberitaan maka seseorang bisa membuat hak jawab.

“Mari kita serahkan ke polisi karena aturannya sudah jelas. Polisi tentu akan memproses dengan bukti dan keterangan pihak terkait,” ujarnya.

Selain itu terkait masalah berita, polisi tentu juga harus meminta ke ahlinya. Ahli pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan kalau di Jakarta ada Dewan Pers.

“Kita siap memberikan keterangan kepada polisi terkait masalah berita itu, tentu harus melalui mekanisme yang ada,” ujarnya.

Ia menegaskan sepanjang wartawan telah melaksanakan kerja secara profesional maka Persatuan Wartawan Indonesia akan membelanya dan memberikan pengacara.

“Kami akan ada di belakang untuk membelanya,” tegasnya Samir konsultan hukum radarbarru.com (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *