Senin, April 19Barru dalam Genggaman
Shadow

VIDEO: Peringatan HUT Satpol PP dan Sat Linmas Dipimpin Wabup Aska Mappe

RADARBARRU.COM–Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke-59 Satuan Pelindungan Masyarakat Tahun 2021, Wakil Bupati Barru Aska Mappe, bertindak selaku Pimpinan Perayaan, di Ruang Rapat Wabup Barru, Rabu (3/3/2021). Mantan Perwira Menengah Kepolisian RI ini, mewakili Bupati Barru Ir. H Suardi Saleh M.Si, untuk memimpin peringatan Hari kehormatan bagi Dua Satuan Sipil, yakni Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat.

“Izinkan Saya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang telah Saudara tunjukkan selama ini dalam melaksanakan tugas sebagai Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah dalam meningkatkan ketertiban umum, menjaga keamanan serta melindungi masyarakat,” sebut Aska Mappe dihadapan segenap unsur Pol PP dan Linmas, dengan membacakan sambutan tertulis seragam dari Kementerian dalam Negeri RI.

Alumni Secapa Polri Tahun 2000 ini menyebutkan bahwa kondisi yang kondusif yang kita rasakan saat ini, tidak lepas dari peran serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Disampaikannya harapan dipertahankannya sikap profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi, serta tetap mengedepankan tindakan yang edukatif, persuasif dan sesuai dengan budaya masyarakat Barru.

“Saya yakin melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme, kinerja Satpol PP dan Satlinmas, dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah akan meningkat secara signifikan dan citranya juga akan semakin baik di mata masyarakat,” tambah Aska Mappe yang pernah menjadi Komandan di Polsek Tanete Riaja dan Polsek Barru, medio 2003-2006.

Peringatan HUT ditengah Pandemi Covid-19 ini, mengangkat tema “Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-l9 untuk lndonesia yang Maju dan Sehat”.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Barru, Muhammad Sabirin, S.Sos, terharu dengan kondisi HUT yang tetap digelar sederhana namun penuh hikmah. Sabirin yang dilingkungannya dipanggil sebagai “Komandan” ini, dipandang publik berhasil mengomandoi satuannya untuk bersama Satgas Covid-19, turun ke ruang publik dan tempat keramaian, guna menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

“Semoga momentum HUT Sat Pol PP dan Satlinmas di masa Pandemi ini, membuat semangat anggota terus terjaga untuk bersikap tegas namun humanis, proaktif serta konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan,” tegas Sabirin sembari berharap peran Anggota Linmas di tengah masyarakat dapat jadi teladan dalam melakukan 3M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, dan Membiasakan Mencuci Tangan).

Ini, lima arahan yang dibacakan oleh Wabup Aska Mappe sebagai perhatian ke Satuan Pol PP dan Anggota Pelindungan Masyarakat (Linmas), sebagai berikut:

Pertama. Tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19;

Kedua. Tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat sebagai
urusan pemerintahan wajib yang terkait dengan
pelayanan dasar.

Ketiqa. Perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling
membantu dan saling menghormati.

Keempat. Perkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

Kelima. Tingkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerja sama dengan unsur Polri dan TNl, dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-1 9.

(Humas Barru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *