Sabtu, Maret 6Barru dalam Genggaman
Shadow

Sekda Barru Hadir Kegiatan Gerakan Pramuka

RADARBARRU.COM--Satuan Karya Pramuka yang kemudian disingkat Saka merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dan pembinaan dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para pramuka penegak dan pramuka pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

Sesuai fungsinya, Saka juga memotivasi pramuka penegak dan pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif, sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional

Salah satu Saka yang ada di Indonesia adalah Saka Widya Budaya Bakti. Saka ini diatur penyelenggaraannya melalui Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional (SK Kwarnas) No. 53 Tahun 2014.

Ketua panitia orientasi saka widya budaya bakti Arkil Hafid bahwa hadirnya saka ini merupakan hasil keputusan munas,” ucap Arkil Hafid.

Sementara itu Sekda Barru Dr Abustan, menatakan pembentukan Saka Widya Budaya Bakti ditetapkan saat Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka Tahun 2013 dengan didasarkan pada Naskah Kesepakatan Bersama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Kwarnas Nomor: 17/XI/KB/2013 dan Nomor: 011/PK-MoU/2013.” pungkasnya, Selasa (16/02/2020).

Ia juga menambahkan bahwa tujuan pembentukan Saka Widya Budaya Bakti adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para pramuka penegak dan pramuka pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa, dan negara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *