Rabu, Maret 3Barru dalam Genggaman
Shadow

Lewat Program Urban Water Sanitation Hygiene, Pemkab Barru Jamin Akses Air

RADARBARRU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menggelar acara Tudang Sipulung membahas hasil monitoring program peningkatan akses air minum dan sanitasi aman untuk masyarakat pada lima Kelurahan yang mendapatkan pendampingan.

Tudang Sipulung melalui video confence (Vicon) itu, di buka oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si., di Ruang Basic, Menara Kantor Bupati Barru, Kabupaten Barru, pada Selasa (9/2).

Acara ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Barru, Ir. Abustan, Kepala Bapedda Barru, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Koprasi dan UMKM, Kepala DPKD, Kepala Dinas Kawasan dan Pemukiman Barru, Direktur PDAM Barru, Ketua Baznas Barru, Koordinator Kotaku, Koordinator Passimas, Regional dan Menajer USAID IUWAS.

Tudang Sipulung yang juga diikuti oleh para perwakilan masyarakat secara virtual ini, bertujuan untuk memperoleh solusi dalam upaya peningkatan air minum dan sanitasi aman untuk masyarakat Kabupaten Barru.

Dalam sambutannya, Bupati Barru H. Suardi Saleh sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan monev yang hingga hari ini masuk siklus ke empat.

Suardi Saleh mengungkapkan, meskipun masa pandemic Covid19 belum berakhir, akan tetapi seluruh tim yang terlibat dalam program ini, mampu melakukan inovasi dari setiap permasalahan yang ada.

“Akses terhadap air minum dan tersedianya sanitasi yang layak untuk masyarakat, menjadi salah satu urusan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Daerah, berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal.” kata Suardi Saleh dihadapan peserta Tudang Sipulung.

Dalam kesempatan tersebut, Suardi Saleh yang juga selaku Ketua DPD Nasdem Kabupaten Barru ini, menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Barru, Tim USAID IUWAS, Tim Pokja PPAS dan mitra lainnya, yang telah bekerjasama dengan baik, sehingga program air minum dan sanitasi aman di Kabupaten Barru akan segera terealisasi.

“Saya selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan terima kasih.” ucanya.

Hingga saat ini, Tim USAID IUWAS PLUS telah melakukan monitoring dan Monev terhadap lima kelurahan yang memperoleh pendampingan yaitu, Kelurahan Mangkoso, Kelurahan Kiru-kiru, Kelurahan Mengempang, Kelurahan Lalolang dan Kelurahan Tanete. Dan oleh Tim USAID seluruh kegiatan Monev di lima Kelurahan tersebut di perlihatkan melalui video.

DCOP USAID IUWAS PLUS, Alifah Lestari menjelaskan, Program Urban Water, Sanitation Hygiene atau Air bersih dan Sanitasi aman merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung Pemerintah Indonesia, dalam rangka meningkatkan akses air minum dan sanitasi di Kabupaten Barru.

“Terima kasih atas semua dukungannya baik dari Pemerintah maupun perwakilan masyarakat dan mitra, sehingga acara ini dapat berlangsung sukses meski kita masih dalam kondisi pandemi Covid 19,” terangnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *