Jumat, Maret 5Barru dalam Genggaman
Shadow

KPU Tetapkan Suardi Saleh-Aska Mappe Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barru Terpilih

RADARBARRU.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru menetapkan pasangan calon Suardi Saleh dan Aska Mappe sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barru Terpilih.

Penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2020 dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Aula Kampus STIA AL Gazali Barru Jln Jendral Sudirman, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel Jumat (19/2/2021) siang.

Rapat pleno itu dipimpin Ketua KPU Barru, Syarifudin H Ukkas didampingi anggota dan dihadiri , Bawaslu Barru, pasangan calon nomor urut 2, serta sejumlah ketua partai politik pengusung.

Dihadiri pasangan calon nomor urut 2, Suardi Saleh-Aska Mappe. Sedangkan dari pihak pasangan calon nomor urut 3, dan no urut 1 tidak hadir.

Nampak hadir juga Pelaksana harian (Plh) Bupati Barru, Dr Abustan beserta pejabat utama setempat, serta Forkopimda Barru.

Ketua KPU Barru, Syarifudin H Ukkas mengatakan, penetapan itu sebagai tindak lanjut surat KPU RI Nomor.60/PY.02.1-SD/03/KPU/II/2021 tanggal 11 Februari 2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pasca Putusan Dismissal/Ketetapan.

“Penetapan ini berdasarkan hasil keputusan MK yang menolak gugatan dua perkara perselisihan hasil pemilihan yang diajukan Pemohon. Sehingga hari ini kita melakukan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barru Terpilih berdasarkan hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan pada rapat pleno sebelumnya,” ujarnya.

“Kita sudah menyampaikan salinan keputusan kepada DPRD Barru. Kemudian nanti DPRD akan menindaklanjutinya untuk disampaikan ke gubernur, dan dari gubernur akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri berkaitan dengan pelantikan,” terangnya.

Diketahui, berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pilkada Barru, pasangan Suardi Saleh-Aska Mappe unggul dengan peroleh suara pada Pilkada Barru, Suardi Saleh-Aska Mappe, 46.30% Suara.

Pasangan berjargon Suardi Saleh-Aska Mappe ini unggul dari pasangan Malkan Amin dan Andi Salahuddin Rum no urut 3, yang hanya memperoleh 33.94% Suara.

Sementara diposisi ketiga, ada pasangan nomor urut 1, Mudassir Hasri Gani dan Aksa Kasim dengan perolehan 19.76% Suara.

Sementara itu, Ketua KPU Barru Syarifudin H Ukkas mengaku bersyukur penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih berlangsung dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Barru,” ujar Syarifudin H Ukkas.

Syarifudin, juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Barru, juga Kodim 1405/Mlts, Kejari Barru, Kapolres Barru, serta semua unsur masyarakat karena semua tahapan Pilkada Serentak 2020 berjalan lancar, aman, dan sukses.

Ia menyampaikan, penetapan itu merupakan momentum untuk kembali menyatu. Sebab semua tahapan Pilkada telah selesai dan berlangsung damai.

Laporan: Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *