Rabu, Maret 3Barru dalam Genggaman
Shadow

DPRD Barru Gelar Paripurna Usul Pemberhentian Bupati Dan Wakil Bupati

FOTO: Pimpinan DPRD Barru dan Wakil Ketua Serta Bupati Barru Saat Rapat Paripurna

RADARBARRU.COM. – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barru menggelar rapat paripurna Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Barru Masa Jabatan 2016-2021 di Gedung Paripurna DPRD Barru, Jln Sultan Hasunuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Selasa (02/02/2021) siang.

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Barru, Lukman T didampingi Wakil Ketua dan dihadiri seluruh anggota DPRD Barru, Bupati Barru, Wakil Bupati, serta Forkopimda dan pimpinan OPD, dan para Tamu Undangan.

Dalam penyampaiannya Ketua DPRD Barru membacakan Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Barru Masa Jabatan 2016-2021.

Ia menjelaskan, masa jabatan bupati dan wakil bupati tahun 2016-2021 telah berakhir, berdasarkan peraturan perundang undangan, Pimpinan DPRD mengusulkan pemberhentian Bupati dan wakil bupati karena berakhirnya masa jabatan.

Sementara Bupati Suardi Saleh dalam sambutanya, rapat paripurna pada hari ini digelar untuk memenuhi amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah. Dalam pasal 154 ayat (1) huruf e.

Dinyatakan bahwa DPRD Kabupaten/kota mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Walikota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat.

Dalam pasal 78 dan 79 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 dijelaskan, pemberhentian Kepala Daerah/atau Wakil Kepala Daerah dikarenakan berakhir masa jabatannya harus diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna.

Kita wajib bersyukur, pilkada tanggal 9 Desember 2020 berjalan lancar dan aman. Atas nama Pemerintah Kabupaten Barru.

“Saya apresiasi dan menghormati tiap tahapan yang sudah dilakukan KPU, Bawaslu, TNI Polri dan semua jajaran. Kerja keras bersama telah menghasilkan Pilkada yang berjalan aman dan damai.

Dengan selesainya hajatan Pilkada tersebut, mari kita hadapi bersama tantangan ke depan yang akan jauh lebih sulit, karena pandemi covid-19. Mari kita lupakan berbagai perbedaan, kita bangun Kabupaten Barru yang lebih Maju dan Sejahtera.

Tantangan yang dihadapi ke depan, Insya Allah akan menjadi stimulan untuk memajukan Kabupaten Barru. Tugas kita tidak berhenti hari ini.

Justru tugas yang lebih besar menanti di hadapan kita. Ini adalah kerja bersama untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh warga Kabupaten Barru.Saudara Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan yang Saya Hormati,” papar Suardi Saleh.

Tim: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *