Senin, Maret 8Barru dalam Genggaman
Shadow

KPU Barru, Gelar Bimtek Aplikasi Sirekap Pemungutan dan Perhitungan Suara

KPU Barru Gelar Bimtek

RADAR BARRU – Untuk mempersiapkan hari pencoblosan Pilkada pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru menggelar bimbingan teknis pemungutan, perhitungan, rekapitulasi suara, dan aplikasi sirekap, Senin (16/11/2020).

Acara yang digelar di Aula Kantor KPU Barru Lantai II Jln H.A.Iskandar Unru, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru diikuti seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Barru, juga tujuh ketua Anggota Panwascam se-Sekabupaten Barru.

Komisioner KPU Barru, Divisi Teknis Penyelenggara, Masdar mengatakan, kegiatan ini membekali anggota PPK yang nantinya melakukan bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Tujuan KPU Barru memberikan bimbingan teknis kepada PPK adalah untuk mengantisipasi terlambatnya penyampaian pemahaman materi tentang pemungutan dan perhitungan suara kepada KPPS.

“Materi yang ditekankan dalam kegiatan ini, yang jelas dua hal baru dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2020.

Yang pertama terkait penggunaan protokol kesehatan Covid-19 yang harus melekat dan ketat saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, baik penyelenggara dan petugasnya, atau pemilihnya,” kata Masdar di sela-sela bimtek.

Lanjut Masdar, penggunaan aplikasi Sirekap dalam proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

Pemungutan dan penghitungan suara di TPS itu dapat langsung dikirim melalui aplikasi Sirekap. Difoto, kemudian hasilnya langsung dikirim, baik kepada saksi pengawas TPS, kepada PPS maupun ke KPU RI hari itu juga atau jam itu juga,” kata Masdar.

Kegiatan tersebut dihadiri, Lilis Suryani Divisi Sosialisasi dan Parmas, Abdul Syafah Divisi Data, Muhammad Natsir Asikin, Divisi Hukum, yang hadir.

Tim: Media KPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *