Selasa, Oktober 19Barru dalam Genggaman
Shadow

Kadis DPMPTSP Barru Syamsir, Buka Sosialisasi Dan Bimtek Bagi Pelaku Usaha

FOTO: Kepala Dinas DPMPTSP Syamsir S.IP,M.Si Saat Membuka Bimtek Bagi Pelaku Usaha.

RADARBARRU.COM–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Barru menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Kebijakan Penanaman Modal Bagi Pelaku UMKM Barru Tahun 2021 di Hotel Youtefa, Rabu (22/09/2021) siang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas DPMPTSP Barru, Syamsir S.IP.M.Si mengahadirkan Narasumber Saiful Haris, S. Kom dan Has’ady Ichsan, SE.

Kepala Dinas DPMPTSP Barru, Syamsir S.IP, M.Si mengungkapkan, kegiatan ini bimtek online single submission-risk Base approach (OSS-RBA), ini merupakan sebuah sistem pengembangan dari sistem OSS sebelumnya. Dimana telah terdapat dua sistem awal, yakni OSS 1.0 dan OSS 1.1 sebagai amanah dari peraturan pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan Izin berusaha Terintegrasi secara elektronik.

Sebagimana kita ketahui bersama, untuk memperluas lapangan pekerjaanvdan meingkatkan minat investasi, pemerintaj telah menerbitkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Regulasi ini menjadi tinhhak sejarah penetapan Omnibus law di RI.

Menuurt Syamsir, penerbitan seluruh perizinan berusaha memiliki jangka waktu yang jelas dan tercantum pada sub sistem informasi serta dapat dilacak prosesnya.

Kemudian terdapat sub sistem pengawasan yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan pengawasan perizinan berusaha berbasis resiko sehingga pengawasan kegiatan usaga dilakukan secara transpara, terstruur dan dapat dipertanggungjawabkan.

OSS-RBA melakukan penyederhanaan perizinaan berusaha dengan mengintergrasikan pemenuhan persyaratan dasar, yang terdiri dari Kesesuaian kegiatan pemenfaatan ryang (KKPR) dan persetujuan lingkungan pada subsistem perizinan berusaha.Sistem ini menjadi portal yang menyatukan pelaynan perizinan berusaha terhadap 16 sektor bidang usaha penaman model.

“Saya berharap para peserta agar benar-benar memperhatikan dan menyimak setiap materi yang akan disampaikan oleh Pemateri nantinya. Dan jika ada yang kurang dipahami agar dipertanyakan,” tandas Kepala Dinas DPMPTSP Syamsir S.IP M.Si.

Kegiatan Sosalisai dan Bimtek ini diikuti sebanyak 50 orang pelaku usaha atau yang mewakili baik dari UMKM.

Laporan: Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *