Selasa, Oktober 19Barru dalam Genggaman
Shadow

Daun Hijau Barru Gelar FGD Penyekatan Lokal Solusi dan Pembagian Peran Para Pihak

RADARBARRU.COM–Pertemuan PPO Daun Hijau, pada Kamis (23/09/2021) FGD diikuti oleh anggota Simpul Belajar Yassiberui, Lead Partner, Badan Kesbang, Dinas Kependudukan dan Dinas Perizinan Dalam diskusi yang berlangsung menarik.

Peserta memberikan masukan
terkait permasalahan yang dihadapi dan digambarkan dalam pohon masalah yang dan tujuan. Isu yang dibahas adalah “Belum Maksimalnya Pelayanan Administrasi Kependudukan”. Permasalahan yang menjadi aksi tematik ini diangkat karena mendapat perhatian publik, masalahnya aktual dan sangat penting untuk diberi perhatian.

Penyebab utama munculnya permasalahan ini adalah: 1) Terbatasnya kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia; 2) Belum memadainya sistem informasi layanan kependudukan; 3) Terbatasnya sarana dan prasarana; 4) Kurang akuratnya data kependudukan; 5) Belum maksimalnya penanganan pengaduan masyarakat; 7) Belum berjalannya implementasi SOP di tingkat desa/kelurahan.

Dari berbagai permasalahan yang telah dipetakan, dibahas solusi lokalnya dan
siapa aktor yang terlibat untuk bersama-sama mengawal kegiatan yang disepakati. Keterlibatan stakeholder utama dalam mengawal kegiatan di lokasi piloting sangat dibutuhkan terutama anggota Simpul Belajar yang notabene adalah rekan-rekan NGO dan media yang bergerak di akar rumput dan memiliki banyak informasi.

Nantinya peran stakeholder ini, akan sangat membantu Lead Partner dan masyarakat dalam memberikan masukan dan solusi terhadap model yang ditawarkan, demikian menurut Jon Rantepadang, dari Daun Hijau. Setelah FGD, yang akan dilanjutkan dengan aksi di lokasi piloting, maka
keterlibatan para pihak berdasarkan peran yang telah disepakati, diharapkan akan berkomitmen dalam mengawal dan melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggungjawab.

Hal ini sekaligus merupakan manifestasi dari transparansi dan akuntabilitas
sekaligus partisipasi dari para pihak untuk bersama-sama mengawal kegiatan yang muaranya adalah meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan danmembahagiakan masyarakat, pungkasnya.

Sumber: redarbarru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *