Senin, Desember 6Barru dalam Genggaman
Shadow

Sekjen Jokowi Centre Imanta Ginting Mengkritisi Polemik SARA

FOTO: Sekretaris Jenderal Jokowi Centre Imanta Ginting

RADARBARRU.COM–Perbedaan yang melekat pada bangsa ini adalah kekayaan kita. Sudah berabad-abad masyarakat di Nusantara hidup berdampingan secara damai dalam kepelbagaian. Jangan karena statemen atau sikap parsial oknum tertentu kita jadi tidak harmonis. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Jokowi Centre Imanta Ginting dalam release pers, Minggu (31/1/21).

Pernyataan tersebut dikemukakan Imanta, menanggapi sejumlah kasus bernuansa SARA belakangan ini. Beberapa diantaranya kasus dugaan rasis oleh Ambroncius Nababan terhadap Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, Guru Besar USU Yusuf Leonard Henuk terkait AHY dan SBY, dan Abu Janda. Kita berharap Penanganan Laporan atas kasus tersebut diatas Jangan sampai terbawa arus komunikasi Viral Netizen tetapi harus mengedepankan Fakta Hukum.

Menurut Imanta, kasus tersebut menjadi polemik berkepanjangan karena turut ‘dimainkan’ oleh pihak-pihak yang punya kepentingan tertentu. “Perlu ada tindakan tegas dari kepolisian dan lembaga-lembaga terkait. Kalau dibiarkan akan menjadi preseden buruk bagi bangsa kita yang berdampak pada disharmonisasi masyarakat dan konflik horizontal,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, postingan photo dan status media sosial yang provokatif ditambah status-status bernada provokatif oleh para netizen membuat suasana dishamonis di tengah masyarakat. Untuk itu Imanta meminta penegak hukum mengusut pihak-pihak yang berbuat dan orang-orang sengaja menyunting dan memviralkan status tersebut.

Menurut Imanta, provokasi yang dilakukan pemilik akun medsos potensial merusak keutuhan bangsa. “Melihat perkembangan situasi sekarang ini, ada kelompok-kelompok yang mencoba bermain untuk memecah belah keutuhan bangsa. Ini bukan sekadar masalah status di medsos, tetapi sudah menyangkut masalah keutuhan bangsa, sehingga penegak hukum perlu bertindak cepat,” pungkasnya.

Imanta Ginting
Sekretaris Jenderal
Jokowi Centre

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *