Selasa, Oktober 19Barru dalam Genggaman
Shadow

Alhamdulillah, Program Capil Barru, Manjakan Masyarakat

RADAR BARRU.COM – Salah satu terobosan awal Tahun 2021 Dinas Kependudukan Catatan Sipil Barru bakal menerapkan sistem layanan lansung di Desa dan Kelurahan.

Hal ini dilakukan guna menghindarkan warga dalam antrian sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan tentunnya membatasi kunjungan warga di pusat utama layanan Publik di MPP.

Namun masyarakat masih diperkenankan ke layanan DukCapil khusus bagi perekaman untuk pertama kali mendapatkan KTP-el.

“Hal ini telah diuji coba sejak Juni tahun 2020 dengan layanan on line melalui petugas register masing-masing desa/kelurahan dan Alhamdulillah berjalan lancar. walaupun sampai saat ini masih terdapat warga yg masih ngotot untuk datang langsung karena alasan mendesak atau urgen,”ungkap Drs Nasaruddin Msi selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru ditemui di kantornya (13/1).

Program ini sebagai bentuk pelayanan maximal serta bentuk sinergi antara Desa dan Kelurahan untuk seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barru dalam pembuatan KTP, KK dan Akta Kelahiran berbasis di Desa dan Kelurahan.


“Insya Allah kebutuhan dan keinginan warga akan di respon dan ditindaklanjuti petugas registtasi di Desa dan Kelurahan,”ungkap Nasaruddin.

“Ada lima inovasi yang diterapkan yakni 1. LaNCAR D’DUKCAPIL 7311 GISA SiDesaKu Malemppu (Layanan Nyaman Cepat Akurat dan Ramah dalam menerbitkan Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Sinergi dengan Desa/Kelurahan, Media dan Lembaga Penyiaran Publik) yang dilaksanakan sebagai upaya penyadaran masyarakat tentang pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan, Pemutakhiran Data Penduduk, Pemanfaatan Data kependudukan melalui kerjasama dengan Desa/Kelurahan,Media dan lembaga Penyiaran Publik,”katanya.

“Yang ke 2. LaNCAR D’DUKCAPIL 7311 LaO KeDesa (Layanan Nyaman Cepat Akurat dan Ramah dalam menerbitkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Layanan OnLine Kelurahan/Desa) yang dilaksanakan sebagai upaya pemenuhan hak warga negara akan kepemilikan dokumen kependudukan yang efesien dan efektif dengan melakukan pelayanan kependudukan secara dharing berkerjasama Desa/Kelurahan melalui Petugas Registrasi Kependudukan Desa/Kelurahan untuk memperoleh data kependudukan yang akurat, sehingga masyarakat melakukan pengurusan dokumen kependudukan hanya sampai di Desa/Kelurahan saja,”bebernya.


“Kemudian ke 3. LaNCAR D’DUKCAPIL 7311 JALA di DesaKu (Layanan Nyaman Cepat Akurat dan Ramah dalam menerbitkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Jemput Antar Layanan di Desa/Kelurahan) yang dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dengan mendorong pihak Desa/Kelurahan melalui Petugas Registrasi Desa/Kelurahan untuk bersikap lebih proaktif melengkapi dokumen kependudukan warganya masing-masing dengan menjemput berkas pengajuan penerbitan dokumen kependudukan dan juga mengantarkan output dokumen kependudukan kepada warga yang bersangkutan,”imbuhnya.

Di samping ng itu 4. LaNCAR D’DUKCAPIL 7311 UpDating E-DataKu (Layanan Nyaman Cepat Akurat dan Ramah dalam menerbitkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Updating Elemen Data yang Akurat) yang dilaksanakan dalam rangka pemutakhiran data kependudukan melalui informasi dari stakeholder terkait yang di sampaikan secara berkala,”urainya.

“Yang ke 5. LaNCAR D’DUKCAPIL 7311 KIAMISOL (Layanan Nyaman Cepat Akurat dan Ramah dalam menerbitkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kartu Identitas Anak Mitra Sekolah secara OnLine) yang dilaksanakan dalam rangka pemenuhan hak anak atas kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) melalui kerjasama secara dharing dengan sekolah untuk penerbitan KIA,”kunci Nasaruddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *