Senin, Mei 17Barru dalam Genggaman
Shadow

DPRD, Bahas Ranperda Hak Anak Dan Gender dengan Pemkab Barru

RADAR BARRU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barru, melaksanakan Rapat Paripurna pembahasan Ranperda tentang Hak Anak dan Gender.

Rapat Paripurna yang dihadiri para Wakil Rakyat, Forkopimda dan Pimpinan OPD kabupaten Barru tersebut, digelar di Ruang Rapat DPRD kabupaten Barru, provinsi Sulawesi Selatan, Jum’at (6/3).

Dalam rapat tersebut, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., resmi menerima tanggapan dan pembahasan atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Masing-masing, Ranperda Kabupaten Layak Anak dan Ranperda Pengarusutamaan Gender.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dua Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD Barru. Baginya, Barru harus menjadi percontohan bagaimana seharusnya memperlakukan dan memberi ruang kepada anak-anak untuk berkembang menjadi generasi yang baik.

“Anak adalah generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis, dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang diharapkan dapat menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa depan. Anak-anak perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial,” tegasnya.

Di hadapan para Anggota DPRD, Pimpinan Forkopimda, dan para Pimpinan OPD, yang mengikuti Rapat Paripurna, Suardi Saleh menyatakan komitmennya, untuk menerapkan dua Ranperda ini, termasuk mendorong semua sekolah untuk ramah anak.

“Dengan adanya Ranperda Kabupaten Layak Anak, mudah-mudahan Kabupaten Barru kedepan bisa meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak karena di Tahun 2019 Pemerintah Daerah sudah menerima 2 (dua) penghargaan Nasional yang berhubungan dengan Anak yaitu Sekolah Ramah Anak (SMK 2 Barru) di Pancana dan Ruang Bermain Ramah Anak di colliq Pujie,” ungkapnya.

Kemudian untuk Ranperda Pengarusutamaan Gender, kata Suardi Saleh, hal ini merupakan perhatian Barru mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, antara laki-laki dan perempuan.

“Dalam pembangunan, sangat diperlukan pengarusutamaan gender, sehingga dapat berperan serta secara adil dan setara dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Barru sangat mendukung terkait penyusunan dan pembentukan Perda ini,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bapemperda DPRD Barru, Andi Wawo Mannojengi, mengaku berterima kasih atas respon dan tanggapan Bupati Barru mengenai dua Ranperda inisiatif DPRD.

Menurutnya, dua Ranperda ini diharapkan bisa menjadi pedoman semua pihak untuk menjadikan Barru sebagai kabupaten layak anak, serta terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan.

“Mengenai beberapa penyempurnaan kita akan melakukannya dalam proses pembahasan termasuk memperkaya bahan lainnya demi kesempurnaan Rancangan Perda ini,” jelas Mantan Wakil Ketua DPRD Barru.(Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *